Contoh SOP PAUD Kurikulum 2013 Bermain Motorik Kasar
Contoh SOP PAUD Kurikulum 2013 Bermain Motorik Kasar. Proses pembelajaran di PAUD tidak terbatas pada saat anak berada di sentra atau area atau kelas, tetapi sejak anak datang hingga pulang.
Semua proses interaksi anak dengan pendidik, dengan temannya, atau dengan lingkungan atau alat mainannya termasuk dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu Satuan PAUD harus merancang jadwal harian dan bagaimana para pendidik berperan di dalamnya penting diperhatikan dalam sebuah acuan standar PAUD yang bernama Strandar Operasional Prosedur. Download di SINI
Contoh SOP PAUD Kurikulum 2013 Bermain Motorik Kasar |
Dalam menyusun SOP PAUD sesuai Kurikulum 2013 ada hal-hal yang perlu diperhatikan secara umum antara lain adalah :
- Pastikan bahwa lingkungan belajar di dalam (indoor) dan di luar (outdoor) bersih, aman, nyaman, dan menyenangkan.
- Kegiatan pembelajaran dilaksanakan melalui bermain. Kegiatan bermain yang dipilih adalah kegiatan bermain yang mampu menstimulasi dan mengembangkan seluruh aspek perkembangan anak. Pilihlah kegiatan main yang kaya akan stimulasi terhadap pertumbuhan dan perkembangan anak.
- Alat dan bahan main yang akan digunakan sesuai dengan kebutuhan, karakteristik, tahapan perkembangan, dan lingkungan anak.
- Alat dan bahan main disiapkan sebaik mungkin sebelum kegiatan pembelajaran dilaksanakan, baik untuk aktivitas individu, kelompok kecil, kelompok sedang, maupun kelompok besar.
- Alat dan bahan main serta buku ditata pada tempat yang mudah dijangkau oleh anak.
- Semua proses dan karya anak dikumpulkan sebagai bahan penilaian (asesmen) ketercapaian pertumbuhan dan perkembangan anak. Hasil karya anak dapat dipajang sesuai dengan keperluan.
- Untuk berjalannya seluruh kegiatan di atas, dapat disusun aturan atau tata tertib yang penyusunannya berdasarkan kesepakatan pendidik dan pengelola untuk mengatur keberlangsungan kegiatan pembelajaran dengan efektif.
TUJUAN:
- Melatih otot-otot kasar; (kekuatan, kelenturan, keseimbangan, kelincahan)
- Mengembangkan sensorik motorik (koordinasi tangan, mata, kaki)
- Membiasakan untuk bekerjasama
- Mengembangkan sikap sosial- emosional
- Mengembangkansikap berani melakukan hal baru dan mau mengambil resiko
- Pendidik menawarkan kegiatan yang beragam dan menarik , sesuai tahapan perkembangan anak.
- Pendidik mempersilahkan anak memilih kegiatan yang disukai.
- Pendidik mengajak anak yang baru datang untuk bermain bersama teman.
- Pendidik mengawasi, mengamati, memotivasi dan memberikan bantuan kepada anak yang membutuhkan.
- Pendidik mengajak anak minum air putih sebelum pindah ke kegiatan berikutnya.
0 Response to "Contoh SOP PAUD Kurikulum 2013 Bermain Motorik Kasar"
Post a Comment