3 Teknik Penilaian PAUD Kurikulum 2013 Sering Digunakan

3 Teknik Penilaian PAUD Kurikulum 2013 Sering Digunakan


Penilaian PAUD adalah pengkururan tingkat pencapaian perkembangan anak usia dini dengan tujuan utamanya berpusat pada bagaimana memahami dan mengetahui perkembangan yang dicapai anak setelah mendapatkan rangsangan pembelajaran di PAUD.

Jadi sudah jelas bahwa penilaian PAUD tidaklah memberikan nilai angka sebagaimana layaknya anak sekolah menengah akan tetapi penilaian pada pendidikan anak usia dini bersifat proses sehingga tidak hanya dilaksanakan satu atau dua kali pada waktu tertentu saja, tetapi secara berkesinambungan dan terus-menerus.

3 Teknik Penilaian PAUD Kurikulum 2013 Sering Digunakan
3 Teknik Penilaian PAUD Kurikulum 2013 Sering Digunakan

Inilah 3 Teknik Penilaian PAUD Kurikulum 2013 Sering Digunakan. Pengertian Penilaian PAUD adalah pengkururan tingkat pencapaian perkembangan anak usia dini dengan tujuan utamanya berpusat pada bagaimana memahami dan mengetahui perkembangan yang dicapai anak setelah mendapatkan rangsangan pembelajaran di PAUD.

Jadi sudah jelas bahwa penilaian PAUD tidaklah memberikan nilai angka sebagaimana layaknya anak sekolah menengah akan tetapi penilaian pada pendidikan anak usia dini bersifat proses sehingga tidak hanya dilaksanakan satu atau dua kali pada waktu tertentu saja, tetapi secara berkesinambungan dan terus-menerus.
Kapan Melakukan Penilaian PAUD ?

Penilaian pada pendidikan anak usia dini (PAUD) dilaksanakan pada saat anak bermain, berinteraksi dengan teman atau guru, saat anak mengomunikasikan pikiran melalui hasil karyanya dan penilaian seperti ini dilakukan setiap hari.

Hal penting yang harus dipahami dan dirubah pemahaman guru bahwa hasil karya anak bukan untuk dinilai bagus tidaknya tetapi untuk dianalisa kemajuan perkembangan yang di capai anak.

Pengetahuan Dasar Penilaian PAUD K-13

Sebelum mengetahui tiga jenis teknik penilaian PAUD yang paling sering digunakan dalam Kurikulum PAUD 2013, ayah bunda kami rekomendasikan membaca hal-hal berikut untuk menambah keilmuan dan wawasan ayah bunda.

Pengertian Penilaian Hasil Belajar Anak Usia Dini (PAUD), Lihat Disini
4 Proses Penilaian PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini), Lihat Disini
Manfaat Penilaian PAUD Bagi Anak, Guru dan Orangtua, Klik Disini
8 Prinsip Penilaian Hasil Belajar Anak Usia Dini (PAUD), Klik Disini
Pengertian Penilaian Otentik PAUD & Lingkup Penilaian, Baca Disini

3 Teknik Penilaian PAUD Kurikulum 2013 Sering Digunakan

Seteleh membaca pengantar penilaian PAUD di atas, sekarang saatnya mengetahui 3 teknik penilaian PAUD yang sering digunakan dalam kurikulum 2013. Yang dimaksud teknik penilaian disini adalah teknik penilaian harian karena memang banyak jenisnya.

Akan tetapi dalam Kurikulum 2013 PAUD teknik penilaian harian menggunakan tiga teknik saja yaitu catatan hasil karya, catatan anekdot, dan skala capaian perkembangan :

Teknik penilaian Catatan Hasil Karya Anak PAUD, penjelasan dan contohnya Baca Disini

Teknik penilaian Catatan Anekdot PAUD, Lihat contoh dan penjelasan Klik Disini

Teknik Penilaian Skala Capaian Perkembangan Anak (Rating Scale), silahkan baca lebih lanjut beserta contohnya Klik Disini

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "3 Teknik Penilaian PAUD Kurikulum 2013 Sering Digunakan"

Post a Comment